when my world is gray

when my world is gray
kali kuning Yogyakarta

Kamis, 19 Agustus 2010

ODP Mandiri 2010

wuahh.. lama banget ga posting ke Blog. sumpah! blog aku ini sama terlantarnya dengan akun-akun ku yang lain (kecuali twitter hehe).
kali ini mo posting bukan tentang jalan-jalan atau liburan, tapi tentang perjalanan mencari sebuah pekerjaan (baca: karir).

6 bulan lamanya aku cari-cari kerja ksana kemari, mulai dari perusahaan besar, mpe perusahaan kecil dah aku datangi, tapi belom ada yang nyantol juga. Hampir tiap ada job fair ataupun walk in intervw aku ga pernah absen datang hehehe. Sampai akhirnya tanggal 22-23 Juli lalu, ada walk in interview buat ODP Mandiri di kampusku tercinta Undip. Karena tanggal 22 (kamis)nya aku mash ada interview di peruahaan lain, aku datang tanggal 23 di Gedung Prof Soedharto Undip. Bareng temen seperjuangan, aku datang pagi banget jam 8 pagi dah sampai disana. sampai di tempat walk in interview langsung ambil formulir, isi dan mulai mengantri.
tahapan dalam seleksi ODP Bank Mandiri ada 6 yaitu :

1. wawancara awal, pakai bahasa Inggris.
satu pewawancara dari Bank Mandiri biasanya mewawancarai 3 pelamar. pertanyaannya standar, tentang diri sendiri, kuliah, motivasi dan sebagainya tentu saja dalam bahasa Inggris. intinya sih, jawabnya yg mantep aja.

2. Test TOEFL
saat selesai interview awal, langsung diberitahu apakah lolos atau tidak ke test selanjutnya. jika lolos, akan menjalani test TOEFL, denger-denger sih minimal scorenya 500 tapi ga tau juga, hasilnya ga disampaikan ke pelamar.

3. Aptitude test
ya semacam test kemampuan akademik gitu deh, Bank Mandiri menggunakan jasa dari SHL untuk aptitude testnya dimana calon ODP akan diberi soal seputar kemampuan numerik dan verbal. Dan juga psikotest untuk mengetahui penempatan yang cocok untuk kita seandainya diterima di Bank Mandiri. waktu ikut test ini awalnya aku ga yakin juga, eh tapi ternyata Alhamdulillah lolos. oh iya, saat menjawab lembar psikotest yang bertanya tentang hal-hal yang paling mewakili dan paling tidak mewakili diri kita, mohon dijawan jujur. soalnya akan berpengaruh pada penempatan setelah pendidikan :)
4. LGD (leaderless discussion group)
LGD ini merupakan titik terpenting saat seleksi, karena calon ODP akan dilihat kemampuan analisa, pemecahan masalah dan kepemimpinan dalam suatu group diskusi. satu kelompok berisi antara 6-8 orang, nnti akan diberi soal untuk dipecahkan bersama-sama. penilai adalah orang dari Bank Mandiri langsung. Tips dalam FGD : pelajari dengan baik, berpikir praktis, bicara sopan, jangan lupa untuk memberi solusi.

5. medhical check-up
selang beberapa jam dari LGD aku langsung di telepon pihak mandiri untuk menjalani rangkaian test esehatan di lab klinik yang telah ditunjuk sebelumnya. test kesehatan biasanya dilakukan 1-3 hari setelah LGD. asal kita ga punya penyakit serius dan biasa hidup sehat pasti lolos test kesehatannya kok.

6. Interview dengan BOD
interview dengan board of directur atau interview dengan direksi (user) dari Bank Mandiri. wawancara biasanya dilakukan di Jakarta. jadi buat yang dari luar kota sebaiknya persiapkan barang-barang sekalian agar ga bolak balik. waktu interview dengan direksi aku diminta ntuk menjelaskan tentang personality, keluarga dan pekerjaan terakhir. yang penting waktu menjawab mantap dan jujur tentang diki kita sendiri.

sehari setelah interview dengan BOD aku ditelepon pihak Bank Mandiri untuk offering letter atau istilahnya tanda tangan kontrak selama pendidikan. wuaaaaa senangnyaa... akhirnya penantian dan oencarian pekerjan selama 6 bulan usai sudah. sekarang tinggal mempersiapkan diri untuk pendidikan dan OJT.

9 komentar:

  1. boleh tanya tah tentang Aptitude test, dalam bahasa inggris atau bahasa indonesia yah?
    thanks a lot yaa :)

    BalasHapus
  2. Ptitude test dalam bahasa Indonesia,nantinya dalam 3 sesi, pertema kemampuan verbal, kemudian kemampuan numerik dan yang terakhir bakat dan ketertarkan. untuk berlatih aptitude testnya bisa mengunjungi www.shl.com
    semoga berhasil!

    BalasHapus
  3. misi mbak boleh tanya yah, klo LGD sama interview dengan BODnya pake bahasa inggris atau indonesia yah?, thank u yah..

    BalasHapus
  4. LGD dan interview dengan BOD semua pakai bahasa Indonesia, yang pakai bahasa Ingris hanya saat interview awal dan TOEFL Test saja. Good luck :)

    BalasHapus
  5. aq jg bersiap2 menunggu pengumuman lolos ato g tahap 3 aptitude test.. klo blh tau topik yg nantinya d bahas pas LGD tu apa y??ato klo g pas LGD mbaknya d kasih topik apaan??tengkyu ya n minta doanya jg yaa..... ^^v

    BalasHapus
  6. kalo soal toefelnya bgmn????

    BalasHapus
  7. mau nanya ni mbak. aq semalam dapat sms dari BANK MANDIRI untuk bahwa saya lolos tahap 3, dan diundang untuk tahap ke-4, LGD, tapi belum dikasi tau kapan. apa mbak gitu juga y dulu?

    trus klo boleh tau apa topiknya mbak pada saat tes LGD kemarin y mbak?
    thanx im advance^^

    BalasHapus
  8. halo mbak, aq mau tanya, waktu itu mbak pengumuman dr aptitude ke LGD berapa lama ya?

    BalasHapus
  9. mbak waktu FGD itu topik yang didiskusikan ttg apa ?

    BalasHapus